Home > Uncategorized > Komponen OpenDialog pada Delphi

Komponen OpenDialog pada Delphi

Apa seh komponen OpenDialog pada Delphi (penulis memakan Delphi 7 Second Edition ~ bukan SecondHanded lho ya :p ) ? Komponen OpenDialog adalah komponen yang menyediakan dialog untuk membuka suatu file yang sebelumnya bisa kita batasi. Seperti halnya Adobe Photoshop yang bisa membuka file PSD atau gambar (dengan bermacam-macam ekstensi gambar), namun kita tidak bisa membuka Text Document dengan Photoshop. Yups, itu semuanya kita yang menentukan juga membatasi ๐Ÿ˜€ Gak kebayang kan banyaknya?

Oke, penjelasan diatas tadi itu hanya menurut pemahaman penulis. Silahkan cari definisi yang lebih baik ya ๐Ÿ˜€

Yups, kembali lagi ke laptop! Kembali pada topik awal, kita disini akan membahas bagaimana penggunaan dasar komponen OpenDialog pada Delphi ini. Karena pada postingan ini hanya dasarnya, maka penulis kasih dengan kasus dasar pula.

Okeh, sekarang buat 1 form baru, tidak usah besar, yang penting cukup untuk 2 tombol ๐Ÿ˜€ (contohnya dibawah)

FormOpenDialog

Untuk tombol Button 1, pasti sudah tau dimana tempatnya. Dan kita boleh merubah propertinya kok, seperti caption dan lainnya.

Tapi untuk tombol satu lagi, yang biasa kita kenal dengan tombol Open. Itu terletak dibagian Dialogs (lihat gambar)

Dialogs

Nah, selesai tahap pembuatan formnya. Sebelumnya kita bisa merubah properti form dan lainnya sesuai selera. Sekarang coba jalankan programnya (shortcut: F9)

Hasil1

Lho kok yang tampil hanya form dan buttonnya saja? Kemana tuh komponen OpenDialognya?! Hehehehe, ternyata cara memanggilnya beda bung! Lagipula kita belum belajar bagaimana membatasi ekstensi yang telah kita bahas panjang diatas :p

______________________________

Properties pada OpenDialog

OIOpenDialog

Untuk Properti OpenDialog ini, penulis tidak akan membahas satu per satu. Cukup yang penting-penting saja. Antara lain:

Filter

Klik tombol ber-titik-tiga itu, maka akan muncul sebuah kotak dialog baru, File Editor. Dalam Filter Editor, terdapat dua kolom yang harus diisi, yaitu kolom Filter Name dan kolom Filter. Kolom Filter Name adalah teks yang muncul dalam Combo Box yang ada pada dialog, sedangkan Filter akan digunakan untuk menyeleksi file yang muncul pada dialog.FilterEditor

Maka hasilnya akan seperti dibawah ini:

HasilFilterEditor

Untuk menuliskan multi ekstensi, harus seperti ini:

*.jpg, *.jpeg, *.png, *.gif, *.bmp

 

Okeh, sementara penulis potong dulu sampai disini. Nanti kita lanjut pada part II.

Selamat belajar!

Categories: Uncategorized
  1. 5 January 2011 at 02:03

    wah keren aaezha.. ditunggu lanjutannya. tapi nanti kl ng’ ngerti boleh nnya ya ๐Ÿ˜€ thanks before.

  2. AaEzha
    5 January 2011 at 02:09

    you are welcome ๐Ÿ˜‰

    selagi masih bisa dijawab, aa coba jawab ๐Ÿ˜€
    klo aa belum bisa menjawab, mungkin temen2 lain yang bisa jawab

  3. demous
    14 June 2011 at 06:37

    kalo cara manggil cmd di Delphi gimana ya kang??

    • 15 June 2011 at 14:08

      maksudnya bagaimana mas?
      memanggil CMD dari Delphi, misalnya dengan button gitu ya?

      atau maksud lain?

  4. Lhonk
    7 September 2015 at 11:13

    Lanjutannya mana brooo

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: