Home > Computer > Menjalankan Nautilus sebagai Root

Menjalankan Nautilus sebagai Root

rootNautilus. Nautilus adalah salah satu file manager Gnome default yang selalu dibawa oleh Ubuntu. Dan pada Ubuntu 11.04 juga masih memakai nautilus sebagai file managernya.

Aplikasi yang dibuat oleh Takuo KITAME (kitame@debian.org) ini, selengkapnya bisa dilihat di http://www.gnome.org/projects/nautilus/.

Okeh, tapi bukan itu masalahnya. Sudah menginstall XAMPP di Linux? Nah, kemungkinan disini neh topik postingan kali ini. Coba deh liat gambar dibawah ini.

Screenshot-htdocs

click to enlarge

Kalo diperhatikan secara teliti, itu tuh folder htdocs dimana kita bisa ngedit file-file yang nanti bakalan nongol di localhost-nya. Tapi coba deh diliat lagi, disana malah ada gambar thumbnail gembok, yang artinya hanya bisa dilihat, tak bisa diedit!

Lalu gimana caranya klo kita mau ngedit? Ya harus lewat command gitu deh. Misalnya saya mau ngedit file test.php, ya saya harus mengetikkan seperti ini:

sudo gedit /opt/lampp/htdocs/test.php

Ribet ya? Iya dunk jelas ribet klo emang harus pake cara begitu :p
Terus ada yang mudahnya? Ada dunk! Jelas kita harus menjalankan Nautilusnya sebagai ROOT!

Bagaimana caranya menjalankan Nautilus sebagai root? Begini langkahnya:

  • Jalankan terminal dahulu (shortcut: ctrl + alt + T [Ubuntu 11.04])
  • Kemudian ketikkan sudo nautilus
  • Tekan enter. Maka akan terbuka File Managernya! Selesai deh

Nah, kalau sudah begitu, lalu kita buka lagi folder htdocs-nya, coba liat, ada perubahan tak?

Screenshot-htdocs

click to enlarge

Lihat..gemboknya sudah tak ada! Kita sudah bebas deh mau ngedit, menghapus bahkan membuat file dan folder baru πŸ™‚

Selamat belajar, folks!

Categories: Computer Tags: ,
  1. 5 June 2011 at 12:55

    aih gilee
    biasanya kan pake scripting a
    macem nautilus sekerip geto

    oia a numpang nanya boleh?
    theme wp mobile yg bagus apa yak

    yang bisa nge load jekuery di hape hhahaa
    *bcnda

    ada kan a? πŸ˜€

  2. 5 June 2011 at 18:45

    hohoho..
    bahkan dari guide-nya pun begitu sebetulnya πŸ˜€
    harusnya seh pake “sudo -” dulu.
    selanjutnya tinggal tulis “nautilus” aja πŸ™‚

    halah, situ yg lebih tau daripada aa :p

  3. Atta13
    5 June 2011 at 22:34

    Mantab aa’

  4. 5 June 2011 at 22:46

    apanya yang mantap ta? πŸ˜€

  5. 7 June 2011 at 04:44

    JUST INFO
    BACKTRACK REPOSITORY LOCAL

    MAMPIR A πŸ˜€

  6. 7 June 2011 at 05:57

    hedew…mantap atuh πŸ˜€

  7. 7 June 2011 at 06:10

    sip a:D

    RNDC di bantu sama maxindo
    indowbster hehehe

    http://backtrack.indowebster.com/bacasaya.htm

    tuh readme nya

  8. 7 June 2011 at 11:39

    RNDC apaan seh zur? πŸ˜€

  9. 10 June 2011 at 10:12

    Research and development center
    baru denger a? apa udah denger sebelomnya

    • 10 June 2011 at 11:10

      udah denger, udah lama. πŸ˜€

      tapi itu tuh bentukan dari apa gitu maksudnya. hehehe

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: